Pancasila Ideologi Bangsa Indonesia



     
       Ideologi adalah hal yang terdapat dalam suatu bangsa. Ideologi merupakan penuntun dalam menjalani kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara. Begitu pula Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), Indonesia mempunyai suatu Ideologi yang merupakan sebuah dasar negara di Indonesia. Dasar negara Republik Indonesia adalah Pancasila.
            Masyarakat Indonesia sendiri sudah tidak asing dengan pancasila. Dari sejak kecil masyarakat sudah dikenalkan dengan pancasila. Dengan adanya sosialisasi dari sejak dini itulah yang membuat masyarakat mengenal dasar negara dari bangasanya. Salah satu sosialisasi yang dilakukan adalah diadakannya upaca pengibaran bendera setiap hari senin di SD (Sekolah Dasar). Tidak hanya di SD saja agar masyarakat memahami betul Pancasila, maka pancasila diajarkan pula di tingkat yang lebih tinggi yaitu SMP, SMA/SMK, bahkan di Perguruan Tinggi. Akan tetapi, walaupun sudah ada sosialisasi sejak dini masyarakat masih banyak yang tidak mengetahui Pancasila.
            Tanggal 1 Juni adalah tanggal yang ditetapkan sebagai hari lahirnya Pancasila. Hari Ini lah yang diharapkan dapat membuat masyarakat lebih mengenal Pancasila dan mengingat Pancasila sebagai dasar negara. Pertimbangan dalam menetapkan Hari Lahir Pancasila sendiri dilihat dari masih banyaknya masyarakat yang tidak mengetahui Pancasila. Sehingga, Peringatan hari pancasila  ditetapkan dalam Peraturan Presiden (Perpres) No 24 tahun 2016. Yang berbunyi “Pemerintah bersama seluruh komponen bangsa dan masyarakat indonesia   memperingati Hari Lahirnya Pancasila setiap tanggal 1 Juni”.
Bunyi dari butir-butir Pancasila :
1.      Ketuhanan Yang Maha Esa
2.      Kemanusian yang Adil dan Beradab
3.      Persatuan Indonesia
4.      Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan dan  Perwakilan.
5.      Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia.
Dari kelima butir pancasila tersebut seharusnya masyarakat sudah lebih hafal di luar kepala, karena sudah diajarkan sejak kecil. Sebaliknya, di masa ini justru masyarakat banyak yang tidak hafal butir-butir dari Pancasila. Hal ini yang membuat betapa mirisnya dasar negara yang ada di Indonesia. Sehingga, banyak masyarakat tidak peduli lagi dengan Pancasila. Peringatan Hari Lahir Pancasila setiap tangga 1 Juni menjadi titik dimana masyarakat perlu mengingat kembali Pancasila yang sudah dipelajari saat masa sekolah.
 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sosis Kentang Balado

~A&T – MY HEART HAD A BRAIN FREEZE~ ^_^

Love In My heart