Bulan suci




 Bulan Suci

Bulan ramadan merupakan bulan yang ditunggu-tunggu umat Islam di Dunia. Bulan Ramadan mempunyai pengaruh tersendiri bagi umat manusia khususnya umat Islam. Pengarus yang terjadi di dalam diri manusia sangatlah berarti, misalnya dalam segi ibadah. Di bulan ramadhan ada amalan-amalan tersendiri yang terdapat di dalamnya yaitu puasa dan shalat tarawih.
Puasa sudah tidak asing lagi dipendengaran kita. Puasa merupakan salah satu amalan wajib di bulan ramadhan. Selama 30 hari umat Islam berpuasa, menahan haus dan lapar serta menahan segala hawa nafsu. Puasa banyak sekali manfaatnya salah satunya adalah membuang toksin-toksin yang ada di dalam tubuh sehingga racun yang ada di dalam tubuh terbuang. Waktu untuk berpuasa di awali dari terbitnya matahari hingga terbenamnya matahari. Selama waktu tersebutlah umat Islam melakukan ibadah puasa.
            Nikmat bulan ramadhan memberikan manfaat tersendiri bagi umat manusia yang menjalankan ibadah puasa. Puasa menjadikan silaturahmi antara umat manusia, ini dibuktikan dari adanya buka bersama. Buka bersama tidak hanya membuat orang yang sudah lama tidak bertemu bertemu kembali teapi buka bersama menambah erat tali silaturahmi antar manusia.
Buka bersama mungkin sudah tidak asing lagi di telinga umat Islam di Indonesia. Bukan hanya umat islam saja yang  tetapi umat agama lain juga sudah tidak asing dengan acara buka bersama. Sudah banyak yang mengadakan buka bersama khususnya anak muda di Indonesia. Hampir setiap hari anak uda di Indonesia mengadakan buka bersama. Tujuan mereka satu yaitu dapat bertemu dengan teman-teman dan menambah keakraban antar teman. Tidak hanya anak muda saja, para orang tua pun tidak  mau kalah. Para orang tua pun mengadakan buka bersama dengan teman kantor ataupun teman lama yang sudah lama tidak berjumpa. Hanya sekedar bertemu atau bahkan bereonian, buka bersama merupakan hal yang tepat untuk bertemu dengan teman lama.
Tidak hanya berpuasa saja. Amalan yang ada saat bulan ramadhan itu adalah sholat tarawih, beritikaf dan zakat fitrah. Shalat tarawih salah satu amalan yang sudah tidak asing lagi saat bulan ramadhan. Sholat tarawih ini berjumlah 20 rakaat dan diikuti dengan 3 rakat sholat witir sebagai penutup. Shalat tarawih mempunyai kenikmatan tersendiri bagi umat manusia, salah satunya adalah umat manusia berbondong-bondong mengunjungi masjid. Hal ini menjadi salah satu hal menarik dimana di bulan-bula selain ramadhan, masjid terlihat sepi. Berbeda dengan saat bulan ramadhan, justru masjid menjadi ramai oleh umat Islam yang hendak melaksanakan ibadah sholat tarawih.
Beritikaf merupakan salah satu amalan di mana umat Islam berdiam diri di masjid dengan niat beribadah kepada Allah SWT. Beritikaf sendiri adalah amalan yang sulit dilakukan, karena banyak umat manusia yang memiliki alasan seperti hari esokmya akan melakukan kegiatan bekerja, sekolah, dan kuliah. Dengan banyaknya alasan inilah beritikaf jarang sekali dilakukan. Padahal beritikaf salah satu amalan yang dianjurkan Rasulullah SAW.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sosis Kentang Balado

~A&T – MY HEART HAD A BRAIN FREEZE~ ^_^

Love In My heart